BERITA & ACARA‎ > ‎Berita PPI‎ > ‎

PPI Austria Berpartisipasi Dalam Earth Resilience Symposium 2 di Berlin

posted Mar 26, 2013, 2:25 AM by Ppi Austria   [ updated Mar 26, 2013, 2:27 AM ]
Wina, 12 Maret 2013
Kontributor: Wiene Andriyana

Setelah Earth Resilience Seminar pertama yang diadakan di Wina bulan Maret 2012 yang lalu, Earth Resilience Symposium yang kedua kembali digelar di Berlin, pada tanggal 2-3 Maret 2013. Tahun ini, Eart Resilience Seminar mengambil tiga bahasan utama, yaitu: 1) perubahan iklim dan perlindungan iklim; 2) keamanan pangan dan energi; dan 3) pengelolaan bencana alam. Acara ini diselenggarakan oleh KBRI Berlin didukung oleh Ikatan Ilmuwan Internasional Indonesia dan bekerja sama dengan Center for Oceanography and Marine Technology of the Surya University, Indonesian Diaspora Network di Jerman dan PPI Eropa.

PPI Austria pada kesempatan yang baik ini diwakili oleh Wiene Andriyana, mahasiswi doktoral pada University of Natural Resources and Life Sciences (BOKU) di Wina. Saudari Wiene mebawakan poster ilmiah mengenai isu perubahan iklim terkait kehutanan dan kebijakan kehutanan di Indonesia. Selain itu, pada acara ini, ‘sesepuh’ PPI Austria yaitu Dr. Wikan Danar Sunindyo terlibat sebagai co-chairman Organizing Committee.

Seminar Bumi yang dibuka oleh Duta Besar RI untuk Jerman, Dr. Eddy Pratomo berjalan dengan lancar dan sukses, dengan pembahasan dan diskusi yang komprehensif dari berbagai isu, mulai dari energi yang tersimpan di bawah bumi (geothermal), kelautan, kehutanan, pertanian, isu politik, ASEAN, etnografi, bencana alam yang bersumber dari bumi maupun potensi bencana alam yang berasal dari luar angkasa. Acara ini juga dihadiri oleh rekan-rekan dari PPI Perancis, Rusia, Belanda, Jerman, UK, Czech sampai PPI Australia. Prosiding hasil seminar rencananya akan diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2013 bertepatan dengan peringatan 105 tahun National Awakening Day of Indonesia. Booklet abstract dapat diunduh melalui:

http://www.earth-resilience.net/Abstract_booklet_ERS_2013.pdf.

Comments