BERITA & ACARA‎ > ‎Berita PPI‎ > ‎

Ramah Tamah dan Temu Warga Indonesia di Graz

posted Feb 20, 2012, 12:56 PM by Tri Kurniawan Wijaya
Kontributor: Livana Arista

Minggu, 12 Februari 2012, kediaman Ibu Endah Ebner dipenuhi oleh 5 orang pengurus PPI Austria dan sekitar 30 orang masyarakat Indonesia yang menetap di Graz dalam rangka acara ramah tamah dan  temu warga Indonesia di Graz dengan pengurus PPI Austria. Acara ini dimulai pada pukul 10.00 CET dan didukung sepenuhnya oleh Rumahku Verein, yang dimotori oleh Ibu Endah.  Tujuan dari acara ini adalah untuk menyambung tali silaturahmi, meningkatkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan sesama warga Indonesia, serta bersama-sama menjunjung nilai kebudayaan dan identitas bangsa Indonesia di Austria.

Setelah satu sama lain saling bertegur sapa, acara inti dimulai dengan pemaparan sistem pendidikan (Bildungssystem) di Austria yang disampaikan oleh Bpk. Gerhard Ebner, suami Ibu Endah Ebner. Paparan ini disampaikan dalam dua bahasa, bahasa Inggris dan bahasa Jerman (serta sesekali menggunakan bahasa Indonesia). Seluruh masyarakat yang hadir mendengarkan dengan seksama karena pemaparan ini sangat penting untuk mengetahui sistem pendidikan di Austria dengan rinci dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia yang akan tinggal lama di Austria, terutama untuk para orang tua dalam membantu anaknya memilih tipe sekolah atau tipe pendidikan yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan anak.

Setelah sesi tanya jawab selesai, acara kemudian beranjak ke perkenalan kepengursan PPI Austria periode 2011-2012 dan pemaparan program kerja secara global. Tak lupa diperkenalkan juga website PPI Austria yang semakin "exist". Ternyata ketertarikan masyarakat untuk mengetahui lebih dalam tentang PPI Austria sangat besar, terbukti dengan adanya beberapa pertanyaan tentang kapan PPI Austria terbentuk, bagaimana PPI mendapatkan dana untuk kelangsungan organisasi, serta sepak terjang apa saja yang telah dan akan dilaksanakan. Setelah berdiskusi panjang lebar, tak terasa waktu telah menunjukan pukul 13.00. Diskusi pun di tutup untuk beranjak ke acara berikutnya yaitu makan siang.

Sebelum makan siang berlangsung, ada acara spesial yang makin membuat suasana menjadi riang, yaitu perayaan ulang tahun anak kedua Ibu Endah, Regina Jodie Ebner, yang ke delapan. Bunyi suara "jeprat-jepret" foto baik dari kamera digital maupun dari kamera hp saling bersahutan untuk mengabadikan momen tersebut. Tidak lupa kami pun bersama-sama menyanyikan lagu selamat ulang tahun dengan diiringi musik piano yang dimaikan oleh Ari Manik. Senyum Regina mengembang manis ketika ibunya meletakkan kembang api diatas kue barby-nya. Lalu gadis manis tersebut memotong nasi tumpeng.

Pilihan menu makan siang kali itu sangat beragam dan khas Indonesia. Tiga orang Austria yang hadir sangat menikmati menu makan yang sebagian merupakan sumbangan dari ibu-ibu yang hadir dan sebagian dimasak oleh pengurus PPI yang dikomandoi oleh Bu Endah sehari sebelum acara berlangsung. Ketika makan siang berlangsung, diskusi atau bincang-bincang santai terjalin kembali sehingga menambah keakraban suasana. Di penghujung acara tercatat 2 orang yang mendaftarkan diri sebagai anggota PPI. Selain itu banyak juga hal-hal atau informasi-informasi penting yang didapat PPI untuk kemajuan organisasi ini.

Terima kasih kami sampaikan yang sebesar-besarnya kepada Ibu Endah Ebner dan keluarga yang sangat terbuka dan sangat tulus membantu terlaksananya acara ini, serta kepada seluruh masyarakat Indonesia di Graz yang sudah menyumbangkan hidangan dan juga sudah hadir meramaikan acara ini.


Semoga pertemuan ini menjadi langkah awal kita dalam mengukir jejak kebersamaan yang kokoh dan mengharumkan nama bangsa yang kita cintai, bangsa Indonesia.

Maju terus dan sukses selalu bersama PPI Austria!!!...
Comments