BERITA & ACARA‎ > ‎Berita PPI‎ > ‎

Simposium PPI Kawasan Eropa di Turki

posted May 27, 2013, 3:32 PM by Ppi Austria   [ updated May 28, 2013, 12:09 AM ]

Klagenfurt, 20 Mei 2013


Kegiatan simposium PPI kawasan Eropa – Amerika 2013 ini merupakan kegiatan perdana dari PPI kawasan Eropa – Amerika dimana PPI Turki ditunjuk sebagai tuan rumah. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 fase penting yaitu: pertama, roadmap PPI kawasan Eropa – Amerika, sebagai pembahasan program kerja bersama PPI kawasan Eropa – Amerika. Kedua, seminar yang disampaikan oleh sejumlah pembicara.

Dalam kegiatan Simposium PPI Eropa-Amerika yang berlangsung di Istanbul-Turki pada 17-19 Mei 2013, PPI Austria mengirimkan 2 orang wakil yaitu Zulaicha Parastuty (Ketua PPI Austria) dan Idhamsyah Eka Putra (Wakil Ketua I PPI Austria). Acara bertembat di Universitas Fatih – Istanbul yang dibuka oleh Konjen RI di Istanbul bapak Suri Tauchid Ishak. Acara selanjutnya dibuka dengan ceramah pembukaan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abu Bakar Azwar. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan agenda utama yaitu sidang simposium.

Dalam acara utama pembahasan roadmap PPi Eropa-Amerika, Zulaicha Parastuty menjadi pimpinan sidang bersama dengan Hary dari PPI Swedia dan M. Dhafi dari PPI Prancis. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan sidang komisi. Ada tiga komisi dengan pembahasan yaitu: 1) Demokrasi dan Kepemimpinan, 2) Ekonomi da kewirausahaan, 3) Sains dan teknologi. Akhir dari sidang simposium ini adalah sebuah roadmap yang akan dijadikan sebagai acuan PPI kawasan Eropa dan Amerika dalam memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Masing-masing komisi membahas berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan secara sinergi oleh PPi Eropa-Amerika. Hasil dari sidang komisi kemudian dibahas oleh sidang paripurna untuk finalisasi Road Map atau peta jalan bagi kegiatan PPI Eropa-Amerika. Acara pembahasan ini berlangsung hingga pukul 23.00 waktu setempat dan dilanjutkan keesokan harinya.

Pada hari kedua, sebelum dimulainya kuliah umum oleh berbagai pembicara. Delegasi PPI Eropa-Amerika melanjutkan penyusunan roadmap kegiatan PPI Eropa-Amerika yang esensi dari kegiatan tersebut dituangkan dalam Draft Istanbul. Draft Istanbul ini merupakan bentuk kesepakatan para delegasi dalam menjalankan dan mengkoordinasikan road map kegiatan PPI Eropa-Amerika.

Acara kuliah umum hari ke-dua disampaikan oleh Menteri PAN Abu Bakar Azwar, yang membahas mengenai program percepatan reformasi birokrasi dan arti kepemimpinan.Dilanjutkan oleh  Prof. Richardus Eko Indrajit, staf ahli Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, yang berbicara mengenai kepemudaan, teknologi dan bangsa. Pembicara selanjutnya adalah bapak  EdfianNoerdin, SE, MM, yang merupakan Direktur Utama PT. Yudhistira, berbicara mengenai tantangan dan peluang bisnis di IndonesiaAsmoro Hadiyanto, Direktur Dompet Dhuafa yang menerangkan pentingnya peran pemuda dalam percepatan kebangkitan di Indonesia. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Draft Istanbul oleh seluruh delegasi PPI Eropa Amerika disaksikan oleh pembicara dan peserta kuliah umum. Acara hari ke-dua selanjutnya ditutup dengan jamuan makan malam beserta pembicara dan Konjen RI Istanbul.

Pada hari ke-tiga, panitia Simposium mengajak delegasi untuk menjelajah sejarah Istanbul. Acara wisata sejarah ini juga merupakan acara kebersamaan antara peserta delegasi dan panitia PPI Turki. Acara dimulai dengan kunjungan ke museum Sultan Ottoman, Hagia Sofia, Masjid Sultan Ahmed, diselingi dengan jamuan makan sore oleh bapak dan ibu Konjen RI di Istanbul dan ditutup dengan malam keakraban di cruise tour di selat Bosphorus.

Keseluruhan acara ini sangat bermanfaat dan besar harapan untuk menerapkan Draft Istanbul yang isinya adalah sebagai berikut:

Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami perwakilan PPI Kawasan Eropa dan Amerika, berkumpul di Istanbul, Turki untuk menyumbangkan pemikiran dan peranan bagi bangsa Indonesia.

Menerapkan praktik demokrasi dan kepemimpinan yang bertanggung jawab untuk menciptakan bangsa yang lebih maju, berintegritas, dan bermartabat.

Meningkatkan peran bangsa Indonesia di dalam pergaulan internasional melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya manusia yang berkualitas untuk mencerdaskan dan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

Mempersiapkan Indonesia menuju kemandirian ekonomi bangsa yang bersaing dan berdaya guna secara global.

Dengan itikad baik, siap mendukung dan mewujudkan kemajuan bangsa Indonesia melalui roadmap PPI Kawasan Eropa & Amerika sebagaimana terlampir

ą
Ppi Austria,
May 27, 2013, 3:32 PM
Comments