BERITA & ACARA‎ > ‎Berita PPI‎ > ‎

Surat Izin Mengemudi di Austria

posted May 5, 2013, 12:59 PM by Ppi Austria   [ updated May 5, 2013, 1:05 PM ]
Wina, 5 Mei 2013

Kontributor: Zulaicha Parastuty

Memiliki kendaraan pribadi cukup nyaman jika anda memiliki keluarga dan anak yang masih kecil. Ini juga pilihan yang tepat jika anda tinggal agak di luar kota. Di Wina, transportasi umum sangat bisa diandalkan, sedangkan seperti di Klagenfurt, bis tersedia hanya tiap setengah jam sekali. Dengan pertimbangan faktor internal dan eksternal tersebut, jika anda mempertimbangkan untuk memiliki kendaraan pribadi, berikut adalah gambaran prosesnya.

SIM Internasional

Sebelum datang ke Austria sebaiknya anda mengurus SIM Internasional  dengan datang langsung ke kantor Ditlantas Polda Metro Jaya, beralamat di Jl MT Haryono Kav 37-38, Jakarta. Selanjutnya tahapannya sbb:

  1. Memperlihatkan dokumen dan fotokopinya
    • Tunjukan tanda pengenal berupa KTP/KIT/KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) dan SIM nasional. Tunjukkan pula paspor asli yang masih berlaku, karena SIM Internasional dibuat dengan asumsi pemohon akan berkendara di luar negeri. Siapkan pula fotokopi tanda pengenal dan paspor ini.
    • Siapkan pas foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 5 lembar. Khusus staf kedutaan, Anda harus melampirkan surat rekomendasi dari kedutaan yang bersangkutan. Pas foto harus berlatar belakang biru.
  2. Mengisi dan menandatangani formulir registrasi “Permohonan SIM Internasional”
    • Isilah selengkap-lengkapnya formulir permohonan SIM Internasional dengan data yang sebenarnya.
  3. Membayar biaya administrasi
    • Pemohon diwajibkan membayar Rp 250.000 untuk pembuatan SIM Internasional baru atau Rp 225.000 untuk SIM Internasional perpanjangan, ditambah lagi Rp 6.000 untuk materai. Siapkan materai sendiri.

Setelah itu, petugas akan memberikan buku SIM Internasional yang masih kosong. Lalu buku itu diberikan ke petugas di loket lain untuk diisi sesuai data pemohon. Setelah dikonfirmasi pengejaan dan kebenaran data, selanjutnya ada proses pengambilan foto. SIM Internasional pun dicetak dan dilegalisasi. Anda akan mendapatkan SIM Internasioinal saat itu juga. SIM Internasional berlaku untuk 1 tahun.

SIM Austria

Setelah tiba di Austria, anda bisa memulai mengurus SIM Austria. SIM Internasional Indonesia dan SIM Nasional Indonesia hanya berlaku di Austria selama 6 bulan. Untuk itu, anda harus mengurus SIM Austria dalam jangka waktu tersebut sejak kedatang di Austria. Tahapan mengurus SIM Austria adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke kantor polisi setempat (Landespolizeidrektion atau LPD) ke bagian Führerschein. Dokumen yang dibawa adalah Paspor, SIM Nasional, SIM Internasional, Residence Permit, Bestätigung der Meldung (meldezettel) , pas foto 35mmx45mm (dengan latar putih atau standar EU). Bawa juga semua kopi dokumen tersebut
  2. Selanjutnya sampaikan jika anda berkehendak untuk mengurus konversi SIM Indonesia ke SIM Austria.
  3. Mengisi formulir pengajuan SIM.
  4. Menyerahkan SIM Nasional asli kepada petugas dan selanjutnya Polisi Austria akan mengecek keaslian dari SIM kita dengan berkoordinasi dengan Kepolisian RI. Proses ini memakan waktu minimum 2 minggu hingga 3 bulan.
  5. Setelah proses pengecekan SIM Nasional Indonesia yang asli, anda akan menerima pemberitahuan melalui email bahwa SIM Nasional anda asli dan anda bisa mendaftar ujian ke sekolah mengemudi.
  6. Sebelum ke sekolah mengemudi, anda akan harus melakukan tes kesehatan di dokter. Biaya dari tes kesehatan ini adalah 35Euro.
  7. Surat tes kesehatan ini selanjutnya diserahkan kepada sekolah mengemudi (Fahrschule). Sampaikan bahwa anda melakukan konversi SIM Nasional Indonesia ke SIM Austria dan telah mendapat persetujuan dari LPD. Sampaikan pula bahwa anda hanya wajib mengikuti ujian praktik saja (tanpa ujian teori).
  8. Anda bisa langsung mengikuti ujian praktik tanpa perlu kursus. Namun kebanyakan sekolah mengemudi akan meminta anda untuk mengambil kursus praktik selama 2 jam karena kemampuan pendaftar ujian praktik adalah bagian dari tanggung jawab sekolah mengemudi. Biaya kursus mengemudi adalah 45Euro per jam. Sangat disarankan untuk mengambil kursus mengemudi ini terutama jika anda belum familiar mengemudi di Eropa.
  9. Setelah anda yakin untuk mengikuti ujian praktik, maka anda bisa mendaftarkan diri ke sekolah mengemudi (Fahrschule). Biaya mengikuti ujian ini adalah sebesar 110 Euro.
  10. Ujian praktik meliputi ujian parkir dan berkendara di jalan raya. Selain praktik, juga dimungkinkan penguji menanyakan teori misalnya tentang tekanan angin pada ban dsb. Kurang lebih proses ujian praktik ini akan memakan waktu 1 jam.
  11. Jika anda lulus, maka anda akan diberikan surat keterangan lulus ujian SIM dan diminta melakukan pembayaran melalui bank atau kantor polisi sebesar 125 Euro. SIM Austria anda akan dikirimkan via pos kurang lebih 10 hari sejak pembayaran anda. Sebelum anda menerima SIM Austria, surat keterangan lulus ujian Sim dapat dipakai sebagai SIM untuk berkendara di Austria selama menunggu SIM asli.
  12. Jika anda tidak lulus, maka anda boleh mengulang ujian dengan jangka waktu minimal 2 minggu. Disini anda wajib membayar biaya ujian lagi sebesar 110 Euro
Tips: memperbanyak pengetahuan tentang praktik mengemudi di jalanan Austria dari teman-teman yang telah lulus ujian. Dibandingkan dengan memperbanyak jam kursus, lebih baik sewa kendaraan atau bisa juga anda membeli kendaraan terlebih dahulu meski belum memiliki SIM Austria.
ą
Ppi Austria,
May 5, 2013, 1:05 PM
Comments