BERITA & ACARA‎ > ‎Berita PPI‎ > ‎

Surat untuk Adik-Adik di Majene, Sulawesi Barat

posted Apr 27, 2013, 1:12 PM by Ppi Austria

Austria, 11 Januari 2013

Halo Majene!

Apa kabar Adik-adik? Semoga kalian semua dalam keadaan baik. Salam kenal dari kami Perhimpunan Pemuda dan Pelajar Indonesia (PPI) di Austria.

Apakah diantara adik-adik ada yang tahu di mana letak Austria? Austria berbeda dengan Australia loh, dan banyak orang keliru karena nama negara yang mirip tapi beda ini. Austria berada di benua Eropa. Untuk tiba di negara ini dari tanah air membutuhkan waktu tempuh sekitar 20-25 jam perjalanan udara. Apakah adik-adik bisa membayangkan jauhnya perjalanan itu? Yuk sama-sama kita lihat pada peta di bawah ini.


Cukup jauh ya jaraknya. Pada peta di atas kalian juga bisa lihat bahwa negara Austria sangat kecil jika dibandingkan negara kita, bahkan kira-kira luas negara ini hanya setengah dari luas pulau Sulawesi. Wow, ternyata negara kita besar ya Adik-adik. 

Dibandingkan dengan negara-negara di Eropa lainnya, seperti Perancis, Jerman, Belanda, dan Inggris jumlah mahasiswa Indonesia di Austria sangat sedikit. Akan tetapi, ikatan sesama mahasiswa Indonesia terasa begitu erat di sini. Mungkin juga karena jumlahnya yang sedikit itu. 

Kami disini tersebar disetiap wilayah Austria dengan jurusan dan jenjang yang berbeda-beda. Dari jenjang Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), hingga Strata 3 (S3) ada di sini. Dari yang belajar musik sampai dengan kedokteran. Dari yang belajar di daerah pedesaan dan pegunungan seperti di kota Insbruck, atau kota Salzburg tempat lahirnya komponis musik klasik ternama, Wolfgang Amadeus Mozart, hingga di daerah kota besar seperti di kota Wina, ibukota negara. 

Jauh-jauh kami kemari, hanya karena satu alasan, yaitu mengejar cita-cita kami. Diantara kami ada yang bercita-cita menjadi pemusik, dokter, ahli fisika, guru, dosen, ilmuwan sosial, ahli teknologi, dan masih banyak lagi. Kami disini berjuang untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman sebanyak mungkin agar kelak dapat diterapkan di tanah air. Dalam mencapai cita-cita ini, banyak tantangan dan hambatan yang kami hadapi. Namun kemudahan dan kesempatan juga menghampiri. Semangat belajar yang tinggi, yang membuat kami terus bertahan dan berprestasi serta mengalahkan rasa rindu pada kampung halaman. 

Kami semua di sini sepakat bahwa belajar untuk mendapatkan pengetahuan sangat penting. Karena dengan menjadi tahu, kita tidak dapat dibodohi, kita bisa mandiri, lebih dihargai, dan dihormati. Jauh-jauh kami belajar juga untuk memperkaya pengetahuan. Kami yakin sekali, adik-adik di Majene juga memiliki semangat belajar yang tinggi. Dengan semangat ini, kami yakin adik-adik akan menjadi orang-orang yang berguna, terutama sekali bagi kemajuan Majene. Terus semangat, Adik-adik!

Salam hangat dari Kakak dan Kandi di Austria. Semoga kita berjumpa di suatu tempat pada suatu waktu.

Perhimpunan Pemuda dan Pelajar Indonesia (PPI) Austria

ą
Ppi Austria,
Apr 27, 2013, 1:12 PM
Comments