BERITA & ACARA‎ > ‎Berita PPI‎ > ‎

Workshop: Nge-vlog dan Belajar Jurnalistik

Sabtu 17 Februari 2017, Di TU Wien PPI Austria mengadakan acara workshop vlog dan jurnalistik. Workshop ini menghadirkan pasangan suami-istri citizen journalist (CJ) Gun dan Dini. CJ Gun dan CJ Dini adalah CJ aktif NET TV yang sering mengirimkan video mengenai  travelling, kuliner dan berbagai hal-hal unik dan menarik lainnya selama mereka berada di Austria maupun saat sedang berjalan-jalan di Negara lainnya. NET-TV telah menayangkan lebih dari 100 video yang dikirmkan oleh CJ Gun dan CJ Dini.Selain mereka berdua workshop ini juga dihadiri salah seorang Produser NET-TV yang streaming dari Indonesia memberikan materi seputar citizen journalistic khususnya di NET-TV. Ibu Dewi Kejora dari KBRI Wina memberi sambutan dan memberikan tanggapan yang antusias mengenai workshop ini.

Workshop Vlog dan Jurnalistik dilaksanakan dua tahap, tahap yang pertama  pengenalan tentang vlog dan jurnalistik dan tahap kedua adalah praktek langsung vlog di beberapa tempat di pusat kota Wina. Setelah sambutan dari pihak KBRI Austria, materi singkat disampaikan oleh Mas Aji dari NET TV, beliau menyampaikan teknik dasar pengambilan sebuah berita. Sebuah berita harus memiliki unsur yang menjawab pertanyaan 5W1H (what, who,where, when, why dan how). Mas Aji juga memberikan motivasi agar orang-orang Indonesia yang ada di luar negeri bersemangat mengirimkan video ke TV Nasional di Indonesia. Hal positif ini dapat menjadi salah satu cara mempromosikan Austria sebagai negara tujuan orang-orang Indonesia baik untuk belajar, berkerja maupun sebagai tempat kunjungan wisata.


CJ Dini kahirunnisa menjelaskan tentang dasar-dasar vlog dan citizen journalism. Vlog telah menjadi gaya hidup zaman sekarang, berbeda dengan blog yang menyajikan tulisan, vlog merupakan diary berupa video sehingga bisa dinikmati secara visual. Sementara itu perbedaan  liputan dengan vlog terletak dari segi isi video, jika liputan mengedepankan story atau cerita yang diangkat, vlog mengedepankan konten yang bisa berupa kegiatan personal vloger  sehari-hari. Wadah tempat menayangkan vlog atau liputan juga berbagai macam, bisa di You tube, sosial media, atau mengirimkannya ke TV. Para vloger (sebutan untuk content creator vlog) dan CJ bisa memperoleh royalti dari karya-karya mereka baik lewat platform seperti You tube maupun TV. CJ Dini juga membagi tips dan triks bagaimana agar liputan kita dapat tayang di TV. Sebuah liputan akan laku atau bisa tayang di TV jika mempunyai objek yang menarik serta cerita yang menarik juga. Lalu bagaimana cara membuat sebuah liputan yang menarik dan unik? Salah satunya adalah dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda. Hal yang unik dan menarik bisa kita temukan jika kita mengganti kacamata kita dengan kaca mata orang luar yang baru pertama kali pergi ke suatu tempat, sehingga kita akan menemukan hal menarik yang bahkan sebenarnya adalah hal sederhana yang telah menjadi kebiasaan.

Sesi penyampaian materi dari CJ Gun berisi teknik-teknik dasar membuat sebuah video yang baik. Bagaimana memegang kamera agar tetap stabil, tipe-tipe movement saat merekam video dan sebagainya. Selain itu CJ Gun juga menjelaskan berbagai perlengkapan dalam pembuatan video, sperti kamera, tripod, stabilizer dan lain-lain. Peserta workshop sangat antusias menyimak materi yang diberikan para narasumber, berbagai pertanyaan terkait materi dijawab satu persatu oleh CJ Dini dan CJ Gun. Mereka berdua berharap peserta yang hadir termotivasi untuk berkarya  dan menjadi citizen journalistic.
Sesi penyampaian materi di tutup dengan penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan dari PPI Austria kepada CJ Dini dan CJ Gun. Sesi praktek dilakukan setelah istirahat sholat dan makan siang di salah satu ikon kota Wina.

Comments