Question:
Adakah cara yang murah kalau mau telpon ke Indonesia?

Answer :
Ada beberapa cara yang tarifnya relatif murah kalau mau telpon ke Indonesia
  1. Menggunakan skype (kalau sesama skype memang gratis). Kalau mau telpon ke HP atau telpon rumah menggunakan skype, anda diwajibkan membeli credit skype yang bisa dibayar menggunakan paypal atau kartu kredit. Tarifnya lumayan murah (bisa dilihat di websitenya Skype). Cara ini mengharuskan kita terkoneksi ke internet.
  2. Menggunakan jasa Vectone Mobile.  Bisa telpon ke HP maupun telpon rumah dengan tarif yang sama dengan skype. Lebih praktis karena portable dan tidak tergantung pada koneksi internet. SIM cardnya bisa didapatkan gratis, tinggal isi biodata di websitenya dan sim card akan dikirimkan ke alamat pos kita.
  3. Bagi yang sudah langganan mobile phone (handy) dengan tarif paket termasuk gratis sekian menit ke nomor Festnetz/Wina, bisa juga memanfaatkan jasa provider Wertauf. Untuk tarifnya sekitar 0,5 cent/menit (telpon rumah) dan 4 cent/menit (mobile). Nomor telepon gatewaynya: 01-2323203 (nomor lokal Wina), jadi hanya murah kalau bisa nelepon murah/gratis ke nomor Wina. Dari pengalaman, ke nomor Telkomsel juga sering dihitung 1 sen permenit. Setiap call, ada tambahan surcharge 5 sen. Makainya ya praktis juga, krn tinggal masukkan no di atas ke address book, lalu call ke nomor itu, ntar diminta masukkan nomor yang dituju. Untuk bisa pakai layanan itu, kita mesti setor pulsa dulu (Guthaben), dengan kirim sms "SPAREN" ke 0900100313. Sekali ngisi, 10 Euro.