Setiap orang yang berada di Austria wajib dilindungi oleh suatu asuransi yang akan menanggungnya bila sakit atau kecelakaan (Kranken & Unfallversicherung). Tanpa asuransi, biaya pengobatan di Austria akan terasa amat tinggi (sebagai gambaran, biaya sekali kunjungan ke dokter adalah 300 Schilling; operasi gigi sekitar 10.000 Schilling dan rawat-menginap adalah 5000 Schilling/hari!). Turis dan mereka yang akan memulai belajar di Austria bisa membeli asuransi perjalanan selama masa tinggalnya di Austria. Hal ini merupakan syarat yang harus dipenuhi ketika mengajukan permohonan visa. Orang asing yang akan menetap beberapa lama di Austria, bisa mendaftar ke Gebietskrankenkasse (GKK) sebagai pemegang polis pribadi, meskipun masing-masing perusahaan asuransi menawarkan berbagai fasilitas dengan tingkat harga yang berbeda-beda. Dibandingkan asuransi swasta, asuransi pada GKK memiliki keuntungan:
  • cukup satu asuransi untuk seluruh keluarga (istri dan anak)
  • menjamin semua kasus (termasuk gigi dan melahirkan), namun untuk beberapa hal (misal memasang gigi palsu) pasien menanggung biaya 50%.
  • kita tak dibebani biaya lagi (pada asuransi swasta: 20%); untuk obat kita hanya membayar biaya resep (sekitar 35-60 Schilling per resep, tergantung obatnya).
Premi asuransi GKK saat ini berkisar antara 448,8 - 3200 Schilling - tergantung besar penghasilan. Mahasiswa yang belum melampui masa studi minimum plus 4 semester bisa membayar premi minimum, dan separo akan dibayar negara (224 Schilling / bulan).

Asuransi ini juga berlaku bila kita berlibur ke luar negeri. Untuk negara-negara EU sudah berlaku suatu perjanjian. Kita bisa mendapatkan asuransi wisata (Urlaubkrankenschein) di kantor GKK. Untuk negara yang belum punya perjanjian, kita harus membayar lebih dulu dan rekeningnya nanti minta diganti GKK, namun GKK hanya akan mengganti maksimum sebesar bila hal yang sama dilakukan di Austria.

Selain itu ada beberapa bentuk asuransi yang akan kita jumpai:

Pada pembukaan Studentenkonto, ada beberapa bank yang memberi bonus "asuransi tanggung jawab" (Haftplichtversicherung). Asuransi ini adalah bentuk jaminan yang akan dibayarkan kepada korban, bila kita tanpa kesengajaan menyebabkan kerugian. Misalnya bila pada saat main ski tanpa sengaja kita menabrak seseorang, dan orang itu harus dirawat di rumah sakit, maka asuransi kitalah yang akan membayarnya. Bentuk asuransi bonus dari bank ini biasanya tidak meliputi mengemudi kendaraan bermotor, atau olahraga profesi.

Dalam iuran ÖH yang harus dibayar tiap semester untuk pendaftaran (Inskription), setiap mahasiswa juga memperoleh asuransi Haftpflicht & Unfallversicherung, namun hanya berlaku selama mengikuti kegiatan akademis yang diadakan sekolah (praktikum, ekskursi).

Tapi meskipun sudah memiliki asuransi, usahakan jangan sakit. Lebih baik membayar asuransi, dan tetap sehat.