Kehidupan di Austria adalah mirip kehidupan di Eropa Barat lainnya. Dengan iklim kontinentalnya, Austria memiliki 4 musim, dengan suhu di musim dingin (Desember-Maret) sekitar -20°C dan musim panas (Juni-September) mencapai 40°C.

Sebagian besar kota universitas di Austria ada di dataran rendah. Wina terletak di tepi sungai Donau pada ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Kota yang terletak di atas pegunungan Alpen adalah Innsbruck, pada ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut, dan udaranya relatif lebih dingin.

Karena faktor iklim ini, calon mahasiswa di Austria dianjurkan untuk mempersiapkan pakaian yang sesuai. Di Indonesia, pakaian musim dingin bisa didapat di department store yang menjual pakaian untuk ekspor .

Masyarakat Austria adalah masyarakat Eropa dengan gaya hidup liberal dan sekuler yang cukup berbeda dengan pola masyarakat yang banyak dikenal di Indonesia. Persiapan mental untuk menghadapi kehidupan di tengah masyarakat Austria adalah sangat perlu, agar di satu sisi bisa menempatkan diri, dan di sisi lain bisa menyaring hal-hal yang pantas untuk ditiru.