Bekerja

Kontributor: Syifa Nurhanifah

Das Studium ist abgeschlossen, was nun?

 

Berikut adalah Informasi bagi mahasiswa Indonesia yang  telah atau akan menyelesaikan Study di Austria dan ingin menetap dan bekerja.

 

Kuliah di Austria? Suka tinggal disini?

Wuaah kuliahnya udah mau selesai, tapi nggak mau pulang ke Indonesia. Ingin tetep tinggal disini lah, cari pengalaman kerja. Tapi caranya, gimana???

 

Mungkin pertanyaan – pertanyaan ini sering muncul di benak kawan – kawan PPI Austria, dan terkadang menjadi penyebab hati galau ketika telah datang semester-semester terakhir di masa Study.

Lebay deh, nggak usah galau lah. Jika kita memang sudah yakin untuk tetap tinggal di Austria setelah masa Study habis, salah satu caranya adalah mendapatkan surat ijin tinggal menetap dan surat ijin kerja tak terbatas atau biasa disebut dengan Rot-weiß-Rot Karte.

System imigrasi ini terbilang cukup baru di tetapkan di Austria, yaitu pada bulan Juli 2011. Tujuan dari penetapan System ini adalah untuk memberikan peluang bagi pekerja Professional atau alumni Perguruan Tinggi yang ingin membuktikan keahliannya dibidang yang ia tekuni atau di bidang yang telah dipelajari dalam ruang lingkup dunia Kerja dan Profesi di Austria. Adapun Syarat, Kriteria serta dokument-dokument yang harus dimiliki adalah sebagai berikut.

Kriteria:

-        Mahasiswa yang telah menyelesaikan programm Diploma atau Master (TIDAK BERLAKU bagi lulusan Bachelorstudium) di Universitas, Fachhochschule, atau Privat Universitas yang terakreditasi, di Austria dengan baik dan sukses.

 

-        Mahasiswa yang bersangkutan mendapatkan waktu 6 bulan untuk mencari tempat kerja. Es gibt eine zusatz Aufenthaltsbewilligung von Ausländerbehörde. Walupun begitu, yang bersangkutan masih harus memenuhi kriteria untuk mendapatkan visa ini. Kriterianya masih sama seperti untuk visa student, yaitu, Budget untuk hidup, akomodasi tetap, Asuransi Kesehatan dll.

 

 

-        Selain itu yang bersangkutan juga harus mendapatkan konfirmasi dan surat penegasan (Bestätigung) dari Aufenthaltsbehörde (seperti: Landeshauptmann, Bezirkhauptmannschaft, atau Magistrat). Permohonan atas surat penegasan ini harus di ajukan tepat waktu sebelum masa ijin tinggal sebagai Mahasiswa habis (sebelum visa studentnya kadaluarsa).

-        Jika selama enam bulan ini yang bersangkutan telah mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan yang konkret, maka dia berhak mendapatkan Rot-weiß-Rot karte ini, TANPA KONFIRMASI DARI AMS (Arbeitsmarktservice). Jadi nggak perlu ngurus surat kerja ke AMS kayak ketika dapetin Parttime Job di masa kuliah.

Syarat:

-        Hal yang penting untuk bisa mendapatkan Rot-weiß-Rot karte ini adalah, jika yang bersangkutan mendapatkan gaji pokok minimal senilai € 2.038,50 inklusive Sonderzahlungen (Urlaubs- und Weihnnachtsgeld) per Bulan.

 

-        Memenuhi kriteria akomodasi tetap dan Asuransi kesehatan.

 

 

-        Rot-weiß-Rot karte ini berlaku selama 12 bulan, dan bisa diperpanjang. Namun sifatnya tidak permanen, karena hal ini juga tergantung dengan Surat Kontrak Kerja dari perusahaan yang memberikan pekerjaan.

Jadi buat kawan-kawan PPIA yang sudah mau atau mendekati kelulusan Diploma atau Master, siapa-siap aja untuk mempromosikan diri di perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan dan bisa berkesempatan untuk tinggal lebih lama di Austria dan mendapatkan pengalaman Kerja disini tanpa adanya keterbatasan dari pihak Arbeitsmarkt.

Siapkan diri dan gapailah impianmu!

Maju terus bersama PPI Austria! :)

 

Sumber: www.migration.gv.at

Comments