Apabila telah memiliki kartu asuransi, pergi ke dokter merupakan alternatif terbaik. Seorang dokter umum (Hausarzt, praktischer Arzt) bisa memberikan surat referensi untuk pergi ke dokter spesialis(Facharzt) bila mana perlu. Dalam satu kuartal (3 bulan) kita hanya diijinkan menggunakan satu dokter umum berapa kali. Kecuali dalam keadaan darurat sebaiknya jangan menukar dokter dalam kurun satu kuartal itu.

Dalam memilih dokter, tentunya kita harus bisa memahami bahasa yang disampaikan oleh si dokter. Kalau tidak bisa atau tidak lancar berbahasa Jerman, jangan memaksakan diri memilih dokter yang hanya bisa bahasa Jerman. Selain itu harus diperhatikan juga bahwa asuransi kita berlaku di sana, yang termudah untuk dikenali adalah bila dokter itu memasang tanda "Alle Kassen". Salah satu cara mencari dokter yang diinginkan atau yang menerima asuransi yang kita miliki adalah melalui website Ärztekammer für Wien. Selain itu yang pasti bisa digunakan adalah rumah sakit (Krankenhaus) dan poliklinik (Ambulatorium). Apabila hendak memeriksakan diri, kecuali untuk keadaan darurat, sedapat mungkin mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui telepon

Untuk mereka yang menginginkan dokter umum yang dapat berbahasa Indonesia, di Wina ada beberapa alamat yang bisa dihubungi :

- Dr. Jajangmuljana Tjandra, 
  1010, Braunhirschengasse 52-54, 
  tel. 8936474
- Dr. Benjamin Nathaniel, 
  1080 Wien, Lerchenfelder Str. 44, 
  tel. 408 0805

Segera setelah berada di Austria, terlebih bila sudah memasuki musim hangat (April), sangat dianjurkan untuk melakukan imunisasi FSME atau dikenal dengan nama ZeckenimpfungZecken adalah sejenis semut yang membawa virus yang sangat berbahaya bagi manusia. Virus ini masuk ke tubuh manusia melalui gigitan Zecken. Korban yang terlambat ditolong bisa mengalami kelumpuhan.