Sejak tahun 2004, Austria memiliki sekitar 4 juta saluran telepon utama, dimana 3,6 juta adalah analog dan 400 ribu adalah jaringan digital terpadu. Selain itu, ada 300 ribu Asymmetric Digital Subscriber Lines. Dalam hal telekomunikasi mobile, pada tahun 2005, ada 8.153.900 telepon selular digunakan. Ada 37 penyedia layanan internet di Austria,melayani 3,7 juta pengguna internet.

Sistem telepon di Austria dikembangkan dengan baik dan efisien dan dalam negeri, terdapat 48 jalur utama untuk setiap 100 orang. Cakupan serat optik yang luas dan berbagai layanan telepon dan internet tersedia melalui jaringan. Dalam hal komunikasi internasional, Austria memiliki 2 stasiun bumi satelit Intelsat (satu di Samudra Atlantik dan satu di Samudra Hindia), dan satu stasiun bumi satelit Eutelsat . Selain itu, terdapat sekitar 600 terminal aperture yang sangat kecil.

Telepon Selular
Tingkat persaingan antar penyedia layanan telpon selular di Austria cukup ketat dengan harga yang kompetitif, bahkan beberapa diantaranya merupakan tarif termurah seEropa. Beberapa penyedia layanan telepon selular yang ada di Austria antara lain, Telering, T-Mobile, Orange, A1, Drei/Three. Sama seperti di Indonesia, para penyedia layanan ini menyediakan layanan yang bervariatif mulai dari pra bayar, pasca bayar sampai mobile internet. Kartu perdana maupun voucher isi ulang bisa dibeli di gerai-gerai penyedia layanan telepon selular, bisa juga dibeli di toko hp ataupun kios rokok (tabak trafik).

Para penyedia layanan telepon selular ini juga menyediakan layanan untuk membeli HP dengan sistem kontrak (biasanya minimal 2 tahun). Jadi anda membayar biaya telpon tiap bulan dengan tarif yang sama selama masa kontrak, di akhir kontrak anda bisa memiliki HP tersebut (diunlock jadi anda bebas mengganti provider). Akan tetapi apabila anda memutus kontrak sebelum masa kontrak selesai, anda diwajibkan untuk membayar denda.  


Broadband Internet
Pada umumnya, internet di Austria disalurkan lewat DSL dan kabel. Namun, mobile internet menggunakan jaringan 3G (UMTS/HSDPA) saat ini juga banyak digunakan. Peyedia layanan internet yang utama di Austria adalah : Telekom Austria, UPC (menawarkan akses internet kabel dengan merk Chello dan DSL dengan merk Inode), Tele2, dan Kabelsignal (hanya melayani internet kabel di sekitar Wina). Beberapa diantara penyedia layanan internet ini menyediakan diskon bagi mahasiswa yang akan berlangganan internet. Kecepatan internet di Austria relatif cepat dengan tarif berlangganan yang cukup murah (jika dibandingkan dengan Indonesia dengan harga yang sama). Kecepatannya bervariasi antara  512 kbps sampai dengan 10 Mbps dengan biaya berlangganan bervariasi mulai dari 25 EUR sampai dengan 60 EUR.