TRANSPORTASI UMUM

Sistem transportasi umum di Austria merupakan salah satu yang terbaik dan ternyaman di dunia. Di kota-kota selain Wina, ada bus kota yang menuju bandara. Di Wina, dari bandar udara menuju kota bisa menggunakan CAT (City Airport Train), kereta cepat (Schnellbahn / S-Bahn), bus bandara atau taksi. S-Bahn termasuk dalam jaringan transportasi umum dan paling murah sedangkan yang paling mahal adalah tiket CAT karena kereta ini hanya berhenti di stasiun pemberangkatan (Landstrasse) dan stasiun tujuan (Vienna International Airport). Tiket transportasi umum ini sudah terintegrasi, sehingga satu tiket berlaku untuk satu zone (seluruh Wina adalah satu zona, ke bandara dua zona). Tiket ini tetap berlaku bila kita ganti kendaraan umum, baik S-Bahn, kereta bawah tanah (U-Bahn), trem (Straßenbahn) maupun buskota (Stadt-Omnibus).

Tiap kota memiliki sistem tarif tersendiri untuk angkutan umum, namun secara garis besar tarif ini menguntungkan bagi pemakai yang menggunakan angkutan umum secara teratur, karena ada tiket untuk setahun (Jahresnetzkarte), sebulan (Monatskarte), seminggu (Wochenkarte), 72 jam, 24 jam, 1 hari, dan yang paling mahal adalah tiket sekali jalan (Einzelfahrschein). Tiket ini bisa dibeli di loket-loket penjualan dari perusahaan angkutan (Verkehrsbetriebe), TABAK, mesin penjual tiket otomatis di halte atau stasiun, atau di dalam bus/trem. Yang terakhir ini biasanya paling mahal. Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Di Wina dikenal tiket reduksi bernama "tiket siang" (Nachmittagbildungskarte) yang berlaku mulai Senin sampai Sabtu dari pukul 13 sampai dengan 17 dan untuk hari Minggu/libur berlaku sepanjang hari. Tiket ini bisa diperoleh oleh mahasiswa di bawah 27 tahun - termasuk mahasiswa asing. Dengan bekal foto serta tanda terdaftar di universitas (Inskriptionschein), permohonan bisa dilakukan di

Wienerverkehrsbetriebe, 
stasiun U3 Erdberg.

Di Wina, antara tengah malam hingga dini hari tetap ada angkutan umum (City Night Line) dengan "tarif malam".

Di beberapa kota seperti Wina, tiket tidak lagi diperiksa oleh sopir / kondektur, melainkan setiap penumpang sudah harus tahu bahwa dia harus memiliki tiket yang sah. Untuk mengatasi penumpang liar (Schwarzfahrer), perusahaan angkutan sekali-sekali melakukan razia penumpang liar. Bila tertangkap naik kendaraan umum tanpa tiket yang sah, dendanya lebih mahal dari harga tiket sebulan.

Untuk menuju kota lain yang cukup jauh (misalnya Wina-Innsbruck) yang paling baik adalah menggunakan kereta. Di sini juga terdapat banyak alternatif sehingga perjalanan bisa lebih murah, misalnya perjalanan akhir pekan, perjalanan rombongan, menggunakan kartu diskon (VORTEILScard) dan sebagainya. Petugas informasi di stasiun kereta akan dengan senang hati memberi tahu pilihan yang paling baik bagi kita.

Bila belum mendapat kepastian penginapan, atau misalnya datang pada hari tutup kantor, seseorang bisa menitipkan barang-barangnya dulu di bandara atau stasiun sementara dia jalan dulu ("survey") mencari penginapan. Di bandara atau stasiun selalu terdapat tempat penitipan ataupun locker (Schließfächer).


KENDARAAN PRIBADI

Tata kota serta sistem transportasi umum yang baik di Austria sebenarnya sudah menjadikan penggunaan kendaraan pribadi tidak begitu perlu. Namun bagi yang ingin menggunakan mobil sendiri, dianjurkan untuk sudah memiliki SIM internasional dari Indonesia, karena SIM Austria sangat sulit untuk memperolehnya dan pula sangat mahal (untuk kursus dan ujiannya paling tidak perlu 750 EUR). Mobil bekas yang masih cukup layak jalan berharga sekitar 1000 EUR ke atas. Yang mahal adalah pajak dan asuransi tanggung jawab (Haftplichtversicherung) yang bisa mencapai 500 EUR per tahun. Memiliki mobil sendiri sebenarnya kurang begitu ekonomis. Bagi yang ingin sekali-sekali jalan-jalan dengan menggunakan mobil, tersedia kemungkinan untuk menyewa.

Selain itu bisa juga patungan dengan orang lain yang memiliki kursi kosong pada mobilnya (Mitfahrgelegenheit/MFG). Di banyak kota terdapat perusahaan yang menghubungkan antara penawar dengan peminat (Mitfahrzentrale).

Mietfahrzentrale Wien
1080 Wien, Daungasse 1A, Tel. 4370092

Mietfahrzentrale Innsbruck
6020 Innsbruck, Brixenstr. 3, Tel. 32342

Kendaraan pribadi yang paling dianjurkan adalah sepeda. Sebuah sepeda bekas bisa diperoleh mulai dari harga 25 EUR. Kota-kota universitas seperti Wina, Innsbruck, Salzburg dan Graz sangat ideal untuk dijelajahi dengan menggunakan sepeda. Sepeda juga bisa dinaikkan pada U-Bahn (subway) atau kereta antar kota.