Perguruan tinggi di Austria dapat dibedakan menjadi 5 yaitu : Universitas (Universitäten), Universitas Seni (Kunstuniversitäten), Universitas Terapan atau Politeknik (Fachhochschulen), University Colleges of Teacher Education (Pädagogische Hochschulen), dan Universitas Swasta (Privatuniversitäten). Masing-masing mempunyai peraturan, persyaratan dan program yang berbeda-beda.

> Universitas Umum dan Universitas Seni
Universitas Umum, adalah lembaga pendidikan di Austria yang menyelenggarakan program pendidikan berbagai disiplin ilmu dan program spesialis. Sedangkan 6 Universitas musik di Austria menyelenggarakan program pendidikan musik, drama, dan seni audio visual.

Pada umumnya kuliah di Austria menggunakan bahasa Jerman, namun tersedia beberapa program dalam bahasa Inggris di beberapa Universitas khusunya program doktoral. Sistem pendidikan tinggi di Austria terbagi dalam dua semester yaitu winter semester dan summer semester. Perkuliahan winter semester dilaksanakan dari 1 Oktober hingga 31 Januari sedangkan summer semester dilaksanakan dari 1 Maret hingga 30 September. Namun perlu dicatat disini bahwa tidak ada perkuliahan pada hari Natal dan semester break.

Struktur Program Studi
Dalam beberapa tahun terakhir, Austria sudah memperkenal 3 sistem gelar ( Bachelor, Master, dan Doktor) yang mengikuti sistem Bologna. Namun, sistem dua gelar ( Diplomingenieur/ Magistra dan Doktor) masih ada pada beberapa program studi seperti Kedokteran dan Farmasi.

a. Program Bachelor dan Master
Secara umum program Bachelor (Sarjana) harus menyelesaikan 180 ECTS, sedangkan program master yang merupakan program lanjutan setelah sarjana disyarakan menyelesaikan kuliah setara dengan minimum 120 ECTS. Sebagai pembanding program magistra atau diploma akan memakan waktu sekiatar 4 - 6 tahun.

b. Program Doktor
Syarat mengikuti program doktor adalah telah menyelesaikan program diploma atau master. Tujuan dari program doktor adalah melatih untuk meneliti secara mandiri dengan durasi studi minimum 3 tahun. Untuk menyelesaikan program doktor, ada program yang menyaratkan menyelesaikan 12-18 ECTS kuliah juga yang memiliki program terstruktur menyelesaikan mata kuliah sejumalah 34 ECTS. Selain syarat menyelesaikan disertasi, beberapa universitas mensyaratkan publikasi di peer review Journal.

> Universitas Terapan (Politeknik)
Universitas Terapan atau University of Applied Sciences (Fachhochschulen/FH) merupakan lembaga pendidikan yang menprogram pendidikan profesional untuk orientasi kerja. Kurikulum yang digunakan adalah menitikberatkan pada praktek dan magang kerja. Pada Universitas ini, jumalah mahasiswa dibatasi sehingga memerlukan kelulusan ujian seleksi masuk yang diberikan pihak universitas.

Gelar akademik yang dianugrahkan pada lulusannya terdiri dari Bachelor dan Master of Science. Untuk menyelsaikan program Bachelor diperlukan waktu 3 tahun sedangkan untuk master diperlukan 1-2 tahun. Lulusan dari universitas ini juga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan doktoral di universitas umum.

> University colleges of teacher education
Perguruan Tinggi untuk Pendidikan Guru memberikan pendidikan bagi guru-guru pada sekolah yang diwajibkan oleh pemerintah. Mereka menawarkan program studi dengan gelar bidang pendidikan untuk sekolah dasar, sekolah menengah dan sekolah berkebutuhan khusus. Selain studi akademis dan teoritis, pengajaran ditekankan terlebih kepada pelatihan dan praktek yang berorientasi pada sekolah. Selain itu, perguruan tinggi ini menawarkan kesempatan pendidikan tingkat lanjut kepada semua guru.

Untuk informasi yang lebih rinci mengenai program dan gelarnya, silakan melihat homepage Perguruan Tinggi untuk Pendidikan Guru pilihan anda. Untuk tautan ke semua Perguruan Tinggi untuk Pendididkan Guru seluruh Austria, lihat www.paedagogischehochschulen.at.


Berikut ini adalah daftar alamat universitas, sekolah tinggi seni dan sekolah tinggi kejuruan. Hampir semuanya dilengkapi dengan website (bisa diakses dengan fasilitas WWW), sehingga pihak yang berkepentingan bisa mencari sendiri segala informasi yang diperlukannya, termasuk data personal tiap Institut dan dokumentasi riset. Pada umumnya informasi ada dalam bahasa Jerman, namun ada sebagian informasi penting juga disajikan dalam bahasa Inggris.

Daftar Universitas di Austria



Daftar perguruan tinggi tersebut dibedakan berdasarkan provinsi dan jenisnya, untuk memudahkan dalam mencari sekolah yang menawarkan jurusan yang diinginkannya. Penerjemahan ke dalam bahasa Indonesia sedapat mungkin mengacu pada kebiasaan di Indonesia atau kalau tidak ditemui, mengacu pada brosur informasi ÖEAD yang berbahasa Inggris. Kami sertakan juga booklet dari ÖEAD yang berisi informasi dan panduan dalam melanjutkan studi di Austria.