Universitas di Wina


Medical University of Vienna (MUW)


(N090) - Program Doktor Ilmu Kedokteran (Dokter medicae scientiae)

Program doktor Ilmu Kedokteran ini berlangsung selama 4 semester dan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan untuk bekerja secara ilmiah yang independen. Syarat untuk pendaftaran program ini ada telah selesai gelar medis (kedokteran, kedokteran gigi) atau gelar master yang relevan (biologi, kimia, ilmu nutrisi, biologi molekuler, farmakologi, fisika, psikologi, ilmu olahraga), yang sebelumnya mengikuti program persiapan medis ( Propädeutikum).


(N094) - Program Ph.D

Sebagai alternatif untuk Program Doktor Ilmu Kedokteran dan mereka yang tertarik dalam program yang terkait ilmiah / kelompok pelatihan akademik, dan berlangsung selama 6 semester dan memberikan tingkat yang lebih tinggi dan setara dengan program Ph.D internasional. Hanya dalam bahasa Inggris. Program Ph.D.

Program Terbuka:
- Molekul Sinyal Transduksi
- Mekanisme Molekuler Biologi Sel
- Fisika Medis
- Neuroscience
- Penyakit ganas
- Endokrinologi dan Metabolisme
- Vascular Biologi
- Imunologi
- Informatika Kedokteran, biostatistik & Sistem Kompleks 

"Self Contained" program (dengan proses aplikasi pribadi) :
- Peradangan dan Imunitas (IAI)
- Cell Komunikasi dalam Kesehatan dan Penyakit (CCHD)
- Mekanisme Molekuler dari Cell Signaling
- Struktur dan Interaksi makromolekul biologis
- RNA Biologi

Jumlah kredit: 180 ECTS.


(N202) Kedokteran Umum

Gelar studi kedokteran di MUW berdurasi 12 semester dan memiliki total ECTS-Score 360, yang mecakup mata kuliah wajib, pelatihan klinis-praktis, mata kuliah pilihan, dan mata kuliah pilihan bebas ( mata kuliah yang diambil dari universitas jurusan lain). Program Kedokteran umum di MUW dibagi menjadi tiga bagian:

Bagian pertama adalah Preklinik dan berlangsung selama 2 semester. Isinya adalah anatomi umum, kedokteran sosial, biokimia, biologi sel molekular, genetika dan fisiologi. Semua bahan akan diuji dalam satu ujian besar yang disebut SIP (Summative integrierte Prüfung = ujian sumatif terpadu), yang diadakan tiap akhir tahun.

Bagian kedua dan ketiga adalah Klinik, dan berlangsung selama 10 semester.
Setelah kelulusan akan memperoleh gelar “Dr. med. univ.”


(N203) Kedokteran Gigi

Berdurasi selama 12 semester, dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama sama dengan program kedokteran umum, yang berlangsung selama 4 semester. Total ECTS- Score 372,4. Bagian kedua berlangsung selama 4 semester, yang isinya khusus untuk kedokteran gigi. Bagian ketiga juga berdurasi selama 4 semester, yang isinya hanya praktis di klinik/ rumah sakit.
Setelah kelulusan akan memperoleh gelar “Dr. med. dent.”


(N300) Program Master Kesehatan Masyarakat

Program ini merupakan bagian-waktu, studi pascasarjana, yang berlangsung selama 4 semester dan melatih mahasiswa/i dalam bidang pencegahan integratif dan medical life style, sehingga setelah selesai, mereka dapat mengambil posisi kepemimpinan dalam kesehatan masyarakat.


(N790) Program Doktor Dalam Ilmu Kedokteran Terapan

Program Doktor Ilmu Kedokteran Terapan diperkenalkan sebagai pengganti N090 dan berdurasi sama dengan Program PhD (n094), yaitu 6 semester. Jumlah ECTS-Score adalah 180. Secara struktural, program ini mirip dengan program Ph.D, tetapi pada akhirnya akan mendapatkan gelar Dr. med.sci. Selain itu, karya ilmiah dari program ini tidak akan diterbitkan dalam jurnal peer-review.


(N936) Program Master Medical Informatik

Program ini berdurasi selama 4 semester, berjumlah 120 ECTS-Score, dan pada akhir studi akan mendapatkan gelar "Diplom-Ingenieur (Dipl-Ing).