Innsbruck-Tirol

Kontributor: Hary Febriansyah / Updated @Utia Suarma (12 Mei 2013)
Website Kota Innsbruck: www.innsbruck.at

Kota Innsbruck adalah ibukota propinsi Tirol dan merupakan salah satu kota pariwisata yang terkenal dengan pegunungan Alpen di wilayah timur negara Austria. Kota Innsbruck memiliki sebuah universitas pemerintah yaitu Universitas Innsbruck, yang telah berdiri sejak tahun 1669 dengan lebih 26.000 mahasiswa dari seluruh dunia. Negara Indonesia, adalah salah satu negara pengirim mahasiswa ke Universitas Innsbruck semenjak tahun 1990an sampai dengan sekarang. Pada mulanya, mahasiswa/i Indonesia yang dikirim ke Innsbruck sebagian besar adalah mereka yang dibiayai melalui skema beasiswa OeAD Pemerintah Austria, dan semenjak tahun 2008 baru ada mahasiswa/i yang dibiayai melalui skema beasiswa DIKTI Republik Indonesia.

Sampai dengan saat ini, terdapat sebelas orang mahasiswa/i aktif tingkat doktoral di Universitas Innsbruck, dari berbagai macam bidang keilmuan.  Mereka adalah: 

1. Deni Rahmat (Nanoteknologi Farmasi Universitas Innsbruck) - sudah lulus tahun 2012

2. Muhammad Anggri Setiawan (Geografi Universitas Innsbruck) - sudah lulus tahun 2012

3. Hary Febriansyah (Manajemen SDM Universitas Innsbruck) - sudah lulus tahun 2012

4. Nurhadi (Geografi Universitas Innsbruck)

5. Utia Suarma (Geografi Universitas Innsbruck)

6. Dionius Bismoko Mahamboro (Theologi Katholik Universitas Innsbruck)

7. Yohanes Subali (Theologi Katholik Universitas Innsbruck)

8. Stenly Viany (Theologi Katholik Universitas Innsbruck)

9. Syamsul Bachri (Geografi Universitas Innsbruck)

10. Sarrah Ayuandari (Medizine-Universitaet Innsbruck)

11. Nur Ainun Jenni Pulungan (Geografi Universitas Innsbruck)

12. Agung Dewanto (Medizine-Universitaet Innsbruck)

13. Yosafat Hermawan Tri Nugraha (Geografi Universitas Innsbruck)

14. Putri Kitnas Itnesia (Program kombinasi Kuliah Jarak Jauh dan tatap muka, SOS-Kinderdorf Hermann-Gmeiner-Akademie)

        
Dalam menjalani kehidupan kesehariannya di kota Innsbruck, para mahasiswa selain melakukan proses belajar formal di kampus, mereka pun memiliki kegiatan yang beragam.

1. Ada yang menyenangi dunia fotografi dan menjelajah keindahan alam. Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi alam kota Innsbruck sangat indah, bersih, teratur dan rapi sehingga banyak menarik para wisatawan manca negara hadir disini. Dengan pemandangan pegunungan Alpen, sungai Inn, hamparan alam dataran serta udaranya yang sejuk dan segar, sungguh menarik untuk diabadikan dan dijadikan pengalaman berharga selama berada disini.

2. Ada yang menyenangi dunia olahraga. Berbagai macam pilihan olahraga terdapat disini. Dari olahraga ringan/santai sampai dengan "berat" misalnya: kereta luncur salju, ski, snowboard, dan panjat tebing. Hal ini didukung oleh pegunungan Alpen yang menawarkan tempat-tenpat tersebut dengan harga yang cukup terjangkau oleh siapapun. Dan yang tidak kalah menariknya adalah, kota Innsbruck telah beberapa kali menjadi tuan rumah olimpiade musim dingin, baik tingkat yunior ataupun senior.

3. Khusus untuk para mahasiswa theologi, kegiatan mereka banyak dilibatkan oleh kegiatan rohani fakultas/tempat tinggal mereka.

Keakraban dan suasana kekeluargaan antar pelajar kota Innsbruck sangat dekat, seringkali berdiskusi bersama tentang perkuliahan ataupun penelitian masing-masing. Hal ini sangat berdampak positif sebagai sarana berbagi pengetahuan, sehingga setiap pelajar dapat saling meningkatkan pengetahuannya dan juga dari permasalahan yang muncul dapat segera dicarikan jalan pemecahannya. Pergaulan yang dialami oleh para mahasiswa/i Innsbruck, juga sering dilakukan dengan warga Indonesia non mahasiswa yang tinggal di Innsbruck. Terdapat lebih kurang lima puluh warga negara Indonesia yang berada di sekitar kota Innsbruck. Dari proses pembelajaran dan sosialisasi ini, para mahasiswa/i mendapatkan ilmu pengetahuan lain diluar bidang kelimuan masing-masing yaitu tentang budaya, perilaku ataupun bahasa lokal.