Republik Austria (bahasa Jerman: Republik Österreich) adalah sebuah negara yang terkurung daratan di tengah-tengah Eropa Tengah. Berbatasan dengan Jerman dan Ceko di utara, Slowakia dan Hongaria di timur, Slovenia dan Italia di selatan, dan Swiss dan Liechtenstein di barat. Ibukotanya adalah Vienna. Austria terkenal dengan musik klasiknya. Negara ini dahulu kala jauh lebih besar dan merupakan bagian dari kekaisaran Austria-Hongaria.

Austria adalah negara dengan sistem demokrasi representatif parlementer yang terdiri dari sembilan negara bagian federal, dan menjadi salah satu dari dua negara Eropa yang mendeklarasikan kenetralannya. Austria adalah negara anggota PBB (sejak 1955) dan Uni Eropa(sejak 1995). Pada tahun 2006 Austria mememgang posisi sebagai Presiden Uni Eropa selama enam bulan pertama.


Asal Nama
Dalam bahasa Jerman nama Österreich bisa diterjemahkan menjadi “Kerajaan Timur” kata itu diturunkan dari bahasa Jerman Kuno Ostarrîchi. Istilah ini mungkin berasal dari terjemahan dari Latin untuk nama daerah tersebut: Marchia orientalis, yang berarti “perbatasan timur”, mengingat negara itu memang terletak di ujung timur dari Kekaisaran Suci Romawi. Nama Ostmark juga digunakan untuk menyebut Anschluss semenjak Reich Ketiga.

Sejarah
Wilayah Austria yang pada mulanya dikenal sebagai Kerajaan <> Norikum, dan merupakan sekutu lama Romawi. Wilayah ini didiami (dan bukan ditaklukan) oleh para penduduk Romawi pada pemerintahan Augustus dan dijadikan Propinsi Norikum pada tahun 16 SM. Kemudian berturut-turut Austria ditaklukan oleh Hun, Lombard, Ostrogoth, Bavari dan Frank. Akhirnya setelah diperintah selama 48 tahun oleh Hongaria (dari tahun 907 hingga 955), wilayah inti Austria dianugrahkan pada Leopold dari Babenberg di tahun 976. Setelah menjadi bagian dari Kerajaan Suci Roma, Babenberg mengambil alih pemerintahan dari abad ke-10 hingga abad ke-13. Setelah Pangeran Frederick II meninggal di tahun 1246 dan tidak memiliki penerus, Rudolf I dari Habsburg membagikan tanahnya pada anak anak lelakinya dan mengawali masa pemerintahan Habsburgs sampai awal abad ke-20.

Selepas kejatuhan Kekaisaran Romawi pada 1806, kekaisaran Austria dibentuk yang kemudian berubah kepada dwimonarki Austria-Hongaria pada 1867. Kekaisaran ini terpecah menjadi banyak negara selepas keruntuhan Kekuatan Tengah pada Perang Dunia I.

Pada 1918, Austria menjadi sebuah negara republik sampai tahun 1934 saat Engelbert Dollfuss mewujudkan sistem diktator. Austria dicaplok oleh Nazi pada 1938. Selepas kekalahan Nazi, pihak Sekutu mengambil Austria sampai Perang Dunia II tamat pada 1955, di mana Austria dibebaskan dan menjadi sebuah negara republik yang merdeka dengan syarat Austria mesti bersifat netral. Namun, selepas kejatuhan komunisme di Eropa Timur, Austria menjadi semakin aktif dalam hal ehwal Eropa dan pada 1995, Austria menyertai Uni Eropa dan Euro menjadi mata uang Austria pada 1999.

Politik
Austria menjadi republik federal, demokrasi parlementer melalui Konstitusi Federal 1920. Diperkenalkan kembali pada 1945 kepada 9 negara bagian Republik Federal. Kepala Negara ialah Presiden Federal, yang dipilih secara langsung. Ketua Pemerintahan Federal ialah Kanselir Federal, yang diangkat presiden. Pemerintahan bisa dihapus dari posisi oleh dekrit presiden maupun mosi tidak percaya di kamar parlemen yang lebih rendah, Nationalrat.

Parlemen Austria terdiri atas 2 kamar. Susunan Nationalrat ditentukan tiap 4 tahun oleh Pemilu bebas yang mana tiap warga negara diizinkan memilih untuk mengisi ke-183 kursinya. "Rintangan Empat Persen" mencegah perpecahan besar pada kancah politik di Nationalrat dengan menghadiahi kursi hanya kepada Partai Politik yang telah mendapat sedikitnya 4% permulaan pemilu, atau dengan pilihan lain, telah memenangkan kursi langsung, atau Direktmandat, di salah satu dari 43 distrik pemilihan regional. Nationalrat ialah kamar dominan dalam pembentukan badan legislatif di Austria. Bagaimanapun, Majelis Parlemen Atas, Bundesrat memiliki hak veto terbatas. Konvensi, disebut Österreich–Konvent [1] diadakan pada 30 Juni 2003 untuk memutuskan usulan mereformasi konstitusi, namun telah gagal mengajukan usulan yang akan menerima dua pertiga suara di Nationalrat yang perlu untuk amandemen dan/atau reformasi konstitusional. Bagaimanapun beberapa bagian penting laporan akhir umumnya disetujui dan tetap diharapkan untuk diwujudkan.

Negara Bagian dan Kota

Sebagai republik, Austria dibagi menjadi sembilan negara bagian, (di Austria disebut Bundesländ/er). Negara bagian ini kemudian dibagi lagi menjadi distrik (Bezirke) dan kota (Städte) dan lagi-lagi dibagi menjadi Gemeinden.

 Negara Bagian
 Ibu Kota
 Burgenland (Burgenland)
 Karintia (Kärnten)
 Austria Bawah (Niederösterreich)
 Austria Atas (Oberösterreich)
 Salzburg (Salzburg)
 Stiria (Steiermark) 
 Tirol (Tirol)
 Voralberg (Voralberg)
 Wina (Wien)
 Eisenstadt (Eisenstadt)
 Klagenfurt (Klagenfurt)
 St. Pölten (St. Pölten)
 Linz (Linz)
 Salzburg (Salzburg)
 Graz (Graz)
 Innsbruck (Innsbruck)
 Bregenz (Bregenz)
 Wien (Wien)


Geografi
Bagian barat dan selatan Austria terletak di Pegunungan Alpen menjadikannya destinasi menarik untuk olahraga musim dingin. Gunung yang tertinggi di Austria ialah Grossglockner setinggi 3.798 m dari permukaan laut dan diikuti dengan Wildspitze (3.774 m).

Bagian utara dan timur kebanyakkan kawasan berbukau. Iklim Austria bersifat sederhana dan dingin (temperate climate).

Ekonomi
Austria mempunyai ekonomi pasaran maju dan taraf hidup yang tinggi. Ekonomi Austria mempunyai hubungan yang erat dengan ekonomi Kesatuan Eropa yang lain terutama sekali Jerman. Penyertaan dalam EU telah menarik banyak pekerja asing kerana kemudahan untuk memasuki pasaran tunggal Eropa. Pertumbuhan rendah di Jerman akan mengganggu pertumbuhan ekonomi Austria seperti yang terjadi pada tahun 2001.

Demografi
Etnis Jerman ialah etnis terbanyak di negara ini yakni lebih kurang 85% hingga 89% daripada populasi Austria. Lebih kurang 10% yang lain terdiri daripada pendatang yang berasal dari negara sekitar terutama sekali dari negara Blok Timur. Negeri Carinthia dan Styria menjadi tempat tinggal untuk minoritas Slovenia yaitu lebih kurang 18.000 orang. Bahasa Jerman menjadi bahasa resmi pemerintahan dan digunakan oleh hampir keseluruhan penduduk Austria. Disebabkan muka Bumi yang berbeda, dialek Jermannya juga berbeda. Hampir semua kawasan menggunakan dialek Austro-Bavaria kecuali di barat Austria (Vorarlberg) yang menggunakan dialek Alemanik (Alemannic). Bahasa Jerman yang digunakan oleh Austria juga berbeda dari segi tata bahasa dengan bahasa Jerman di Jerman.

Hampir tiga suku rakyat Austria beragama Katolik Roma. Lebih kurang 326.990 orang Austria beragama Islam (4%) dan 408.700 orang yang lain beragama Protestan. Orang Yahudi juga sudah lama menetap di Austria. Pada 1930, banyak orang Yahudi bermigrasi keluar dari Austria dan selebihnya dibunuh ketika Holocaust. Ini menyebabkan populasi orang Yahudi berkurang dari 100.000 menjadi antara 10.000 dan 20.000.

Sumber: Wikipedia