BERITA & ACARA‎ > ‎

Berita PPI


Check the latest news and agenda from PPI Austria

Hari Keakraban

posted Apr 12, 2018, 11:33 AM by Ppi Austria








Workshop: Nge-vlog dan Belajar Jurnalistik

posted Apr 12, 2018, 3:54 AM by Ppi Austria

Sabtu 17 Februari 2017, Di TU Wien PPI Austria mengadakan acara workshop vlog dan jurnalistik. Workshop ini menghadirkan pasangan suami-istri citizen journalist (CJ) Gun dan Dini. CJ Gun dan CJ Dini adalah CJ aktif NET TV yang sering mengirimkan video mengenai  travelling, kuliner dan berbagai hal-hal unik dan menarik lainnya selama mereka berada di Austria maupun saat sedang berjalan-jalan di Negara lainnya. NET-TV telah menayangkan lebih dari 100 video yang dikirmkan oleh CJ Gun dan CJ Dini.Selain mereka berdua workshop ini juga dihadiri salah seorang Produser NET-TV yang streaming dari Indonesia memberikan materi seputar citizen journalistic khususnya di NET-TV. Ibu Dewi Kejora dari KBRI Wina memberi sambutan dan memberikan tanggapan yang antusias mengenai workshop ini.

Workshop Vlog dan Jurnalistik dilaksanakan dua tahap, tahap yang pertama  pengenalan tentang vlog dan jurnalistik dan tahap kedua adalah praktek langsung vlog di beberapa tempat di pusat kota Wina. Setelah sambutan dari pihak KBRI Austria, materi singkat disampaikan oleh Mas Aji dari NET TV, beliau menyampaikan teknik dasar pengambilan sebuah berita. Sebuah berita harus memiliki unsur yang menjawab pertanyaan 5W1H (what, who,where, when, why dan how). Mas Aji juga memberikan motivasi agar orang-orang Indonesia yang ada di luar negeri bersemangat mengirimkan video ke TV Nasional di Indonesia. Hal positif ini dapat menjadi salah satu cara mempromosikan Austria sebagai negara tujuan orang-orang Indonesia baik untuk belajar, berkerja maupun sebagai tempat kunjungan wisata.

https://34d0fe16-a-62cb3a1a-s-sites.googlegroups.com/site/ppiaustria/berita-dan-agenda-ppi/berita-ppi/workshop-nge-vlog-dan-belajar-jurnalistik/DSC_0638.JPG?attachauth=ANoY7cqFiGt_YtXBGUARnU7KpEuktu-jPcu2W2KjFi8ZsA8L0Awoj9g434ZDK_bfnEx2PEoS3KN-rPQ8jcggEnoR9twwdcxqcW2KbNrlLARiY5zkxcVh-XzZup0pfvo4mBAgobnf8i2ljWkX62pVM1RP_W0RZ18eU31Vz4Jc84BD2hqReZ-zwbmcG_c8hC3CaImzW9Qr9fZ5Z4OA5n0sm9cuzNlCUcWYgq0QFgdKfeyM9HNNCubBVIIGh3JeVzXHtvV39YBEK71gbb5VR094XH_lpRNqneJoN9sRmDBeXu1BZO1tdTAaAexDrwYeHIOoC5ColHqir9ec&attredirects=0
https://34d0fe16-a-62cb3a1a-s-sites.googlegroups.com/site/ppiaustria/berita-dan-agenda-ppi/berita-ppi/workshop-nge-vlog-dan-belajar-jurnalistik/DSC_0641.JPG?attachauth=ANoY7coBYoAHMvuYWz_FYdVEJXpHqO6_Qv2PBjhVJ97BgS_1nXW1qBN5YqffwhV57jEmjipyXn9fekceMTCRKCTQlrZQDw_qsXmGpaAvoInRo2da0-iybzxHoiCWbJShSgb8JLONYyoJzew4dHAgEP0Wy4UwXAywoedByPPST1XIP7oft9dNLMK3HmzUf6ILfNs_hNaV5lpGxwcL-7kYjP26skVlKR9898DtKwSgA4AWMbkLR3lw7kWokXzN-1WsQgNO7m995mkBCazoDJV7vB32sX5EcXsQ9c0e1-loxtNxEowpqTwnM6D3k7HbBTttEgZyxEg59rV6&attredirects=0
CJ Dini kahirunnisa menjelaskan tentang dasar-dasar vlog dan citizen journalism. Vlog telah menjadi gaya hidup zaman sekarang, berbeda dengan blog yang menyajikan tulisan, vlog merupakan diary berupa video sehingga bisa dinikmati secara visual. Sementara itu perbedaan  liputan dengan vlog terletak dari segi isi video, jika liputan mengedepankan story atau cerita yang diangkat, vlog mengedepankan konten yang bisa berupa kegiatan personal vloger  sehari-hari. Wadah tempat menayangkan vlog atau liputan juga berbagai macam, bisa di You tube, sosial media, atau mengirimkannya ke TV. Para vloger (sebutan untuk content creator vlog) dan CJ bisa memperoleh royalti dari karya-karya mereka baik lewat platform seperti You tube maupun TV. CJ Dini juga membagi tips dan triks bagaimana agar liputan kita dapat tayang di TV. Sebuah liputan akan laku atau bisa tayang di TV jika mempunyai objek yang menarik serta cerita yang menarik juga. Lalu bagaimana cara membuat sebuah liputan yang menarik dan unik? Salah satunya adalah dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda. Hal yang unik dan menarik bisa kita temukan jika kita mengganti kacamata kita dengan kaca mata orang luar yang baru pertama kali pergi ke suatu tempat, sehingga kita akan menemukan hal menarik yang bahkan sebenarnya adalah hal sederhana yang telah menjadi kebiasaan.

https://34d0fe16-a-62cb3a1a-s-sites.googlegroups.com/site/ppiaustria/berita-dan-agenda-ppi/berita-ppi/workshop-nge-vlog-dan-belajar-jurnalistik/DSC_0631.JPG?attachauth=ANoY7coSURUXXiMKbQji70Q9Au7GYj3lJKEHi6YH36AucBcqO5Qixa4vL-2NxkD5L8lBkPskIZmpj397usdvZt7BQbYOEQli-NhUlKgh0x-V7ZdvWGupYYGpBa8wI7I-vJA29yfX2ivP8_u6yFhFm2BaalNZKa372V9WhFNO8QsuvlXzLgmCBbpLbBLaRTUU6dbG0VPOvdjBj2QRWm4kYx8-wWqIX8JPgJ_rNvMzyrm1K8MmDIyei3cP8YIFK7G14SmlO_M_mlwhzk8n10PjCFu_O3h4fhVkWEcLFf3bedzsm7zjvmlSOWzWPGctu1mBIW7RSmFHUubI&attredirects=0
https://34d0fe16-a-62cb3a1a-s-sites.googlegroups.com/site/ppiaustria/berita-dan-agenda-ppi/berita-ppi/workshop-nge-vlog-dan-belajar-jurnalistik/DSC_0656.JPG?attachauth=ANoY7cq2-Sz4Ip6w2mZFlM7UfFkGSpq2CIyg0kRHRIk9d2KpE_l1ih3NqzBojXv4JwIqFiX9tw_tz32vAtzHOHgqHDhkT9SBNt-uh1n-YTOoC3uv4qPsDhlTMynq_OobEycYYj2vF7BTjPTTTfq6brnFzyHoM7v8DPkzhrCtFECniwhqtGbaVJ0jH0l4nASmhmXyRNVeSoE4JCRA6ye3RqQr6ChtxnNgMgBjR1GyQgvo7PC-k1H0YVWB60hPkTVPaPSqIkg6yXCvsDtNGuWQ8ijAwpL28BZhQfEJQ7wlHT0KD7ltgqVMQ6Bvajh2NDcgZUczuNVnXgW7&attredirects=0
Sesi penyampaian materi dari CJ Gun berisi teknik-teknik dasar membuat sebuah video yang baik. Bagaimana memegang kamera agar tetap stabil, tipe-tipe movement saat merekam video dan sebagainya. Selain itu CJ Gun juga menjelaskan berbagai perlengkapan dalam pembuatan video, sperti kamera, tripod, stabilizer dan lain-lain. Peserta workshop sangat antusias menyimak materi yang diberikan para narasumber, berbagai pertanyaan terkait materi dijawab satu persatu oleh CJ Dini dan CJ Gun. Mereka berdua berharap peserta yang hadir termotivasi untuk berkarya  dan menjadi citizen journalistic.
Sesi penyampaian materi di tutup dengan penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan dari PPI Austria kepada CJ Dini dan CJ Gun. Sesi praktek dilakukan setelah istirahat sholat dan makan siang di salah satu ikon kota Wina, Stephansplatz.

PPI Goes to Wien Museum & The Museum of the Military History

posted Apr 12, 2018, 2:02 AM by Ppi Austria

      

Divisi Hubungan Masyarakat PPI Austria mempersembahkan –

PPI Goes to Wien Museum & The Museum of Military History

Wina, Hari Minggu tanggal 4 Februari 2018 Perhimpunan Pemuda dan Pelajar Indonesia di Austria (PPIA) menyelenggarakan acara educational trip, dengan mengunjungi dua  museum terkenal di Wina. Acara yang dihadiri oleh 10 orang peserta ini juga menandai kegiatan pertama dan pembuka dari kepengurusan PPIA tahun 2018-2019.

Kunjungan pertama dimulai dengan mengunjungi Museum Wina (Wien Museum) yang terletak di Karlsplatz. Museum tersebut terletak sekitar 200 meter dari gereja Karlskirche dan Universitas TU Wien. Setiap hari Minggu pertama per bulannya, masyarakat umum dapat mengunjungi tempat ini secara gratis. Museum tersebut adalah museum yang menarik perhatian karena keindahan perkembangan kota Wina dari abad ke abad. Di museum ini juga mempunyai kumpulan karya terkenal dan bernilai sejarah untuk negara Austria ini. Sayangnya, ketika kami sampai ke museum, terdapat pengumuman pada bulan Februari sampai Maret 2018, lantai dua museum Wien ditutup untuk perbaikan.

Untuk kunjungan kedua kami mengunjungi museum Heeresgeschichtlichen Museums, atau dinamakan The Museum of Military History yang terletak di sekitar Hauptbahnhof Wien. Museum ini fokus kepada sejarah perang Austria dan negara-negara lain yang terkait dengan Austria pada zaman perang. Koleksi-koleksi di museum ini lengkap dan sangat menarik perhatian terlihat dari ramainya pengunjung dari mulai anak kecil sampai dengan orang tua. Beberapa persenjataan, baju zirah, dan lukisan-lukisan yang menceritakan tentang peperangan menjadi objek utama museum ini. Setelah puas mengelilingi 5 bagian museum tersebut, kunjungan diakhiri dengan foto bersama.

 



Audiensi PPIA dengan Duta Besar Indonesia untuk Austria

posted Jan 25, 2018, 12:39 PM by Ppi Austria

Kamis, tanggal 18 Januari 2018 pengurus Perhimpunan Pemuda dan Pelajar Indonesia di Austria (PPIA) Tahun 2018 melakukan audiensi dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Austria dan Slovenia, Dr. Darmansjah Djumala. Pertemuan tersebut bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia, Gustav Tschermakgasse 5-7,  Wina. Dr. Darmansyah Djumala memberikan selamat kepada para pengurus baru PPIA Indonesia yang diwakili oleh Ketua PPIA Indonesia M Fermi Austrianto, Wakil ketua  Aufaclav Zatu Frisky, Sekretaris Anies Mutiari dan Bendahara Trida Febriani Zakaria.

Beliau menyampaikan bahwa antara KBRI dengan PPIA  mempunyai hubungan seperti Bapak dan anak. Anak diharapkan dapat membantu Bapak sementara Bapak dapat mengayomi anak. Sudah sewajarnya hubungan PPIA dengan KBRI saling bahu membahu dalam menjaga nama baik Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa PPIA mempunyai akses untuk mempromosikan Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mempromosikan kesenian dan budayanya. Selain itu tugas PPIA adalah untuk memberikan kemaslahatan kepada anggotanya dengan menyajikan program-program yang bermanfaat bagi anggotanya.

Salah satu program yang sangat baik untuk dijalankan menurut Dr. Darmansjah Djumala adalah program dalam membantu mahasiswa Indonesia yang baru datang ke Austria atau dapat disebut ‘Preliminary Briefing for Newcomers’. Selain itu, PPIA juga dapat memanfaatkan kedatangan para pejabat dari Indonesia ke Austria untuk dapat berdiskusi dan mengembangkan wawasan mengenai kebijakan-kebijakan di Indonesia dalam berbagai bidang. Hal ini ditanggapi dengan baik oleh pengurus PPIA yang juga telah merencanakan  hal tersebut dalam program kerja mereka.  Terakhir Bapak Duta Besar juga berpesan kepada pengurus PPIA untuk tetap fokus dengan kehidupan akademik meskipun menjabat sebagai pengurus PPIA. Kunjungan tersebut ditutup dengan acara foto bersama pengurus PPIA dengan Duta Besar beserta Konselor KBRI di Wina Bidang Pendidikan, Sosial dan Budaya, Ibu Dewi Kejora.

  https://www.youtube.com/watch?v=VhuvjY8Xe2A

Pendaftaran Calon Ketua PPI Austria Periode 2018-2019

posted Dec 23, 2017, 8:55 AM by Ppi Austria

Sehubungan dengan akan diadakannya pemilihan Ketua PPI Austria periode 2018-2019, maka panitia penyelenggara pemilu mengundang setiap anggota PPI Austria untuk dapat mengajukan diri menjadi calon Ketua PPI Austria periode 2018-2019. Pengajuan dapat dilakukan dengan cara menyertakan surat pernyataan kesediaan menjadi calon Ketua PPI Austria melalui email (ppiaustria@gmail.com)

Panitia juga mengundang seluruh anggota untuk dapat berpartisipasi menjadi pemilih pada tanggal 6 Januari 2018, pada pukul 09.00 – 15.00, baik secara online maupun offline. Petunjuk pelaksanaan pemilihan Ketua PPI Austria dijelaskan dalam lampiran 1. Tata cara pemungutan suara dan penghitungan suara dijelaskan dalam lampiran 2 dan timeline rundown acara dijelaskan dalam lampiran 3.

Kepada yang ingin mendaftarkan diri menjadi Ketua, mohon diperhatikan timeline berikut:

Timeline Pemilihan Ketua PPI Austria
1. Pendaftaran 
: 11 – 24 Desember 2017
2. Perpanjangan pendaftaran : 25 – 27 Desember 2017
3. Kampanye : 28 Desember – 4 Januari 2018
4. Hari Tenang : 5 Januari 2018
5. Pemilihan : 6 Januari 2018


Petunjuk lengkap pendaftaran PPI bisa diunduh di sini

Demikian informasi ini kami sampaikan,



Salam perhimpunan,
Panitia pemilu pemilihan Ketua PPI Austria periode 2018-2019.

Jamming & Karaoke - PPI Austria incorporation with Thai Student Club austria

posted Dec 23, 2017, 8:40 AM by Ppi Austria



Saturday, 16th December 2017. PPI Austria  incorporation with Thai Student Club Austria presented Jamming and Karaoke at Indonesian embassy Vienna, here is the Testimony From the President of Thai Student Club Austria : 

On behalf of Thai Student Association in Austria, I would like to thank the Indonesian Embassy in Vienna, the President of Indonesian Student Union Krishna Wijaya and all friends PPI Austria for hosting the great event last evening. We are deeply touched by the warm welcome and hospitality you have extended to us and immensely enjoyed the company of our newly acquainted friends from Indonesia. Let’s keep this momentum going forwards in order to strengthen our friendship and keep it flourishing for years to come.

ขอขอบคุณเพื่อนๆ พี่ๆ น้องๆ ทุกคนที่มาช่วยในงาน อินโดนีเซียในวันนี้
ขอขอบคุณในแรงสนับสนุนและความร่วมมือร่วมใจ

แล้วเจอกันใหม่ งานนะครับทุกคน

Sonne und Musik – Tanzen und Lachen aus Indonesien

posted Nov 26, 2017, 12:02 AM by Ppi Austria   [ updated Nov 26, 2017, 12:03 AM ]

sonne music
Sabtu, tanggal 11 November 2017, bekerjasama dengan Walikota Furstenfeld, KBRI Wina dan WNI di Austria, 
@ppiaustria menyelenggarakan Sonne und Musik – Tanzen und Lachen aus Indonesien di Grabher-Haus Fürstenfeld, Übersbachgasse, 8280 Fürstenfeld, Styria, Austria. Acara ini dihelat dalam rangka pengenalan budaya dan juga sekaligus promosi tujuan wisata di Indonesia.
Sebagai acara pengenalan budaya, pada sore itu dipentaskan 7 tembang gamelan jawa yang dibawakan oleh tim gamelan Ngesti Budoyo dari KBRI Wina, 2 lagu daerah Indonesia dan 1 buah lagu Austria dibawakan oleh Cindy Tannos dan pianis Gavin W, serta 2 buah tarian daerah Indonesia dibawakan oleh Nina Subki dan Rendy.
 
Sumber : https://www.instagram.com/p/Bb3Hvn3DBg-/?taken-by=ppidunia

PPI Austria dalam rangka 17 Agustus 2018

posted Aug 27, 2017, 3:25 PM by Ppi Austria   [ updated Aug 28, 2017, 1:18 AM ]


PPI Austria ikut berpartisipasi dalam memeriahkan hari kemerdekaan RI ke 72. Mulai dari mengirim petugas upacara bendera, mengikuti kegiatan lomba seni dan budaya yang diadakan di KBRI Wina 


PPI 17 Agustus 2017

YouTube Video


Pergelaran Indonesia Kirana

posted Aug 27, 2017, 2:55 PM by Ppi Austria   [ updated Sep 7, 2017, 6:18 AM ]

"Pergelaran Indonesia Kirana". Kerjasama choir UNPAD- PPI Austria- OH BOKU-KBRI dan AIS..Rabu, 12 Juli 2017, di Feetsal Gregor Mendel Haus, Gregor mendel straße 33, 1180 Wien.


 

Indonesia Kirana


Lomba Futsal di Karlsruhe, Jerman

posted Jul 2, 2017, 1:52 AM by Ppi Austria

Berikut Partisipasi PPI Austria dalam event lomba FUTSAL di karlsruhe, Jerman
Selamat menyaksikan  :)

Lomba Futsal di Karlsruhe, Jerman


1-10 of 94

Comments